Sabtu, 24 November 2012

Melatih softskill diri sendiri



Banyak survey yang telah dilakukan dan mengungkapkan bahwa lulusan universitas yang dibutuhkan di dunia kerja adalah lulusan yang tidak hanya memiliki hardskills namun juga yang memiliki serangkaian softskill. Seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja dalam tim. Hampir tidak ada lapangan pekerjaan yang tidak membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan tersebut. softskills didefinisikan sebagai kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan kemampuan dalam mengatur atau mengelola dirinyasendiri.
             Menciptakan entrepreneur muda yang bersaing sehat adalah suatu tantangan masa depan. Untuk menjadi entrepreneur yang sukses, mahasiswa harus mampu menangkap usaha, tanggap atas orang lain dan mengerti akan kebutuhan softskill itu sendiri
Softskill berbeda dengan Hardskill yang bisa didapatkan dengan mudah, untuk mendapatkan softskill dibutuhkan kesadaran diri sendiri dalam tata cara melakukan kegiatan sehari - hari. Ada beberapa Strategi dalam melatih Softskill, yaitu sebagai berikut :
1.      Terjun dan Aktif dalam Berorganisasi
Salah satu strategi untuk sukses dalam menguasai Softskill adalah dengan terjun dan aktif dalam berorganisasi. Banyak organisasi yang dapat diikuti dalam menguasai Softskill antara lain organisasi disetiap universitas seperti, Senat, BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa ), UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa ), dll.
2.      Dengan cara Berolahraga
Tanpa kita sadari, berolahraga juga dapat melatih softskill kita. Karena dalam suatu permainan contohnya Sepak bola, Basket, Kasti dll yang dilakukan dalam satu grup. Kita selalu dituntun untuk bekerja sama agar mendapatkanhasil yang baik. Dari situ lah maka emosi kita dapat melatih softskill kita.
3.      dapat berinteraksi dengan baik dilingkungan manapun 
Dengan berinteraksi, kita jadi bisa lebih mengenal banyak orang. Karena sifat orang itu bermacam-macam. Jadi kita harus bisa berinteraksi dilingkungan manapun agar kita lebih terbiasa ketika masuk di dunia kerja.
4.      kemampuan – kemampuan mengelola diri serta berkreativitas
Setiap orang pasti mempunyai kemampuan yang berbeda, kemampuan ini sebenernya memang telah ada sejak lahir,tetapi masih banyak yang orang yang belum bisa mengetahui skill dirinya-sendiri. Dengan berkreatifitas dan mengembangkan bakat, maka sedikit-sedikit kemampuan yang kita miliki akan terlihat.
Mungkin dukungan dari Pembelajaran di Universitas lebih bisa mendukung kita untuk mampu melatih softskill diri-sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar