Minggu, 25 November 2012

cara menghadapi pasar bebas



Dari segi letak geografis indonesia dan terletak di Asia Tenggara bersama dengan sembilan negara lainnya pasti akan dilewati para pedagang yang ingin berdagang dari berbagai negara dan Kata Perdagangan Bebas sudah tidak asing lagi di telinga kita. Menurut dari beberapa sumber yang saya baca, Perdagangan Bebas ialah perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda.sementara itu juga dominasi produk China di dalam perekonomian saat ini memang semakin kuat. Mulai dari elektronik, makanan, mainan anak sampai dengan buah – buahan didominasi oleh barang dari China termasuk mebel. Keadaan ini tentunya tidak terlepas dari diberlakukannya Asian China Free Trade Area (ACFTA) di kawasan Asia.
ASEAN Free Trade Area (AFTA) adalah kawasan perdagangan bebas ASEAN dimana tidak ada hambatan tarif (bea masuk 0-5%) maupun hambatan non tarif bagi negara-negara anggota ASEAN.
 Perkembangan terakhir AFTA adalah adanya kesepakatan untuk menghapuskan semua bea masuk impor barang bagi Brunai Darussalam pada tahun 2010, Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapura,Thailand,Cambodia, Laos, Myanmar dan Vietnam pada tahun 2015. Sebagai Con toh : Vietnam menjual sepatu ke Thailand, Thailand menjual radio ke Indonesia, dan Indonesia melengkapi lingkaran tersebut dengan menjual kulit ke Vietnam. Melalui spesialisasi bidang usaha, tiap bangsa akan mengkonsumsi lebih banyak dibandingyang dapat diproduksinya sendiri. Namun dalam konsep perdagang tersebut tidak ada hambatan tarif (bea masuk 0-5%) maupun hambatan non-tarif bagi negara – negara ASEAN melalui skema CEPT-AFTA.
Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Ardiansyah Parman memaparkan jurus menghadapi ACFTA. Antara lain:

- Meningkatkan daya saing, pengamanan perdagangan dalam negeri serta penguatan ekspor."Untuk penguatan daya saing pihak Kementerian akan melaksanakan pembenahan infrastruktur dan energi, pemberian insentif, membangun KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), memperluas akses pembiayaan dan pengu-rangan biaya bunga, pembenahan sistem logistik, pelayanan publik, serta penyederhanaan peraturan dan meningkatkan kapasitas kerja,"

- Strategi pengamanan pasar domestik akan difokuskan kepada pengawasan tingkat border (pengamanan) serta peredaran barang di pasar lokal. Namun pihaknya juga akan melakukan promosi penggunaan produksi dalam negeri. Sedangkan untuk penguatan industri, pihak Kementerian Perdagangan berupaya mengoptimalkan peluang pasar China dan ASEAN sekaligus penguatan peran perwakilan luar negeri. Kementerian berusaha mengembangkan kebijakan dan diplomasi perdagangan di forum internasional, menjaga pertumbuhan (Ekonomi, menekan kesenjangan kesejahteraan masyarakat dan lainnya," Kementerian Perdagangan telah menetapkan beberapa program dan kegiatan yang bertujuan meningkatkan daya saing komoditi ekspor serta mengamankan perdagangan dalam  negeri.
untuk menghadapi AFTA kita harus menyiapkan sumber daya manusia yang terampil dan siap bersaing dan berkompetisi dengan tenaga-tenaga asing yang banyak masuk ke negeri ini.apalagi negara kita banyak kekurangan SDM yang terampil.untuk itu yang harus kita lakukan adalah:
1. menyempurnakan sistem pendidikan nasional
2. pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas rakyat indonesia
3. melakukan pendidikan secara terpadu serta mengembangkan kerjasama pendidikan dengan dunia usaha seperti SMK saat ini.
4. meningkatkan mutu di setiap jenjang pendidikan,khususnya memacu pada penguasaan ilmu pengetahuan dan tehnologi
5. meningkatkan dan memperluas pendidikan di luar sekolah,termasuk pendidikan yang bersifat kemasyarakatan
6. meningkatkan pendidikan dan pembinaan guru serta tenaga pendidik lainnya secara terpadu
7. menyempurnakan,meningkatkan dan mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan termasuk jumlah dan mutu buku pelajaran
8. mengembangkan budaya keilmuan sedini mungkin secara berkelanjutan dan berkesinambungan di kalangan masyarakat luas.
9. meningkatkan daya guna dan partisipasi lembaga penelitian dan pengkajian
selain itu,untuk mengurangi pengangguran di indonesia yang setiap hari,bulan dan tahun yang semakin bertambah,sebaikinya pemerintah menambah dan meningkatkan jumlah balai-balai pelatiha yang bisa memberikan ilmu atau pengetahuan yang bersifat iptek agar mereka bisa menyerap dan bisa di implementasikan di kehidupan sehari-hari dengan membuka usaha kecil yang dapat menyerap tenaga-tenaga di sekitar tempat tinggal mereka,serta dapat mengurangi sedikit pengangguran.
            selain itu infrastruktur yang ada di indonesia juga harus di tingkatkan,salah satunya jalan.sebab jalan merupakan alat vital untuk meningkatkan perekonomian.saat ini banyak daerah-daerah di indonesia yang jala-jalannya sangat memprihatinkan,bahkan masih ada daerah yang belum bisa dilalui dengan jalan darat.di pulau sumatera sudah ada jalan trans sumatera yang menghubungkan seluruh provinsi yang ada di pulau sumatera bahkan bisa ke pulau jawa.begitu juga dengan pulau jawa,sudah mempunyai kalan trans jawa yang menghubungkan provinsi-provinsi yang ada di pula jawa.di kalimantan belum ada jalan trans nya yang menghubungkan seluruh provinsi yang ada di pulau kalimantan.di irian jaya,menteri pekerjaan umum sudah mencanagkan akan membangun jalan sepanjang 3.100 km.

sumber:



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar