Perusahaan yang mengandung type Political Manajemen
Pada tahun 1990, negara
demi negara mulai mengadopsi mekanisme pasar yang mereduksi peran negara dalam
perekonomian, meningkatkan stabilitas makroekonomi, dan meningkatkan pendapatan
personal.
Meningkatnya kekuatan
beli konsumen membawa kesuksesan bagi banyak perusahaan multinasional→ misalnya McDonald → pembukaan cabang
di Rusia 1990→ lima pasar paling menguntungkan di
dunia setelah Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol→ McDonald memecahkan tantangan lingkungan ekonomi USSR → dengan melakukan skoring suplai negara, mengkontrak beberapa
item seperti susu, keju chedar, dan daging. Untuk meyakinkan bahwa kualitas
suplai cukup memadai, mereka melakukan bantuan dan pendidikan bagi petani dan
peternak agar mendapatkan produk sesuai standar mereka. Bagaimanapun seseuai
dengan berjalannya waktu McDonald telah membantu mengembangkan pelayanan
makanan di Rusia → menarik minat
konsumen: dalam perayaan pembukaannya, McDonald tak hanya merefleksikan kentang
goreng dan hamburger tetapi juga dipenuhi oleh simbol-simbol politis Soviet,
yang kemudian teridentifikasi sebagai usaha Mikhail Gorbachev yang berusaha
menggerakkan negaranya dari negara yang state-controlled
menuju sebuah ekonomi pasar. → Mendapatkan
tenaga kerja di Rusia sangatlah mudah karena dipengaruhi oleh angka
pengangguran yang tinggi→
Saat pembukaan pertama McDonald di Rusia, Pengunjung terus menerus berdatangan
walaupun harga dari sebuah Big Mac, kentang goreng, dan soft drink sebesar
dengan rata-rata penghasilan orang Rusia per 4 jam! → pada perjalanannya McDonald masih terus betahan dalam beberapa
krisis Rusia, misalnya pada keruntuhan Uni Soviet di tahun 1991 → Dari sini dapat kita pahami bahwa ketika sebuah perusahaan
berencana untuk membuka bisnisnya ke negara lain, ia harus memperhatikan
kesejahteraan, pendapatan, stabilitas, kemiskinan, dan lain sebagainya→ dengan menemukan jalan untuk beradaptasi, memahami, dan
mengintrepetasikan perubahan dalam ekonomi pasar akan membawa perusahaan
multinasional pada kesuksesan besar sebab Perubahan dalam lingkungan ekonomi
dapat memberi efek terhadap perubahan beberapa karakteristik. Beberapa bersifat
langsung dan beberapa berhubungan dengan lingkungan, perusahaan, dan
kompetitor.
- manager
memperhatikan dan mengukur kemakmuran suatu negara, pendapatannya, stabilitas
sosio politik dan kulturnya, sekaligus tingkat kemiskinan dan sejenisnya[1] → Salah satu
indikator pertumbuhan ekonomi ialah1. Gross National Income (GNI). GNI mengukur pendapatan berasal dari total produksti domesti dan kegiatan produktsi internasional oleh perushaan nasional. Salah satu bagian penting GNI ialah Gross National Product (GDP). GDP adalah nilai dari semua barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu batas wilayah negara dalam satu tahun, meliputi sejumlah yang dihasilkan oleh perusahaan nasional maupun perusahaan asing beroperasi lokal.
2. tingkat perubahan. Perubahan pertumbuhan ekonomi dalam kurun waktu tertentu dalam tahun menjadi indikator potensial menarik investasi asing
3. kekuatan daya beli
4. tingkat kualitas pertumbuhan manusia. Apabila perkiraan pertumbuhan manusia dinilai negatif, maka kemungkinan perusahaan itu hanya berinvestasi jangka pendek saja. Apabila sebaliknya, maka kemungkinan besar perusahaan tersebut berinvestasi jangka panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar