Tanggung jawab sosial perusahaan sangat erat
kaitannya dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apakah memang perusahaan punya tanggung jawab moral dan sosial ?
• Kalau ada, manakah lingkup tanggung jawab itu ?
• Apakah, terkait dengan tanggung jawab sosial perusahaan itu, perusahaan
perlu terlibat dalam kegiatan sosial yang berguna bagi masyarakat atau tidak ?
• Bagaimana tanggung jawab sosial perusahaan itu dapat dioperasionalkan
dalam suatu perusahaan?
1. Syarat bagi Tanggung Jawab Moral
•
Tindakan itu dijalankan oleh pribadi yang
rasional
•
Bebas dari tekanan, ancaman, paksaan atau
apapun namanya
•
Orang yang melakukan tindakan tertentu
memang mau melakukan tindakan itu
2.
Status Perusahaan
Terdapat dua
pandangan (Richard T. De George, Business Ethics, hlm.153), yaitu:
• Legal-creator, perusahaan sepenuhnya ciptaan hukum, karena itu ada hanya
berdasarkan hukum
• Legal-recognition, suatu usaha bebas dan produktif
Tanggung
jawab sosial perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana
perusahaan itu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya (Milton
Friedman,The Social Responsibilities of Business to Increase Its Profits, New
York Times Magazine,13-09-1970)
Ø Anggapan bahwa perusahaan tidak punya tanggung jawab moral sama saja
dengan mengatakan bahwa kegiatan perusahaan bukanlah kegiatan yang dijalankan
oleh manusia
Ø Tanggung jawab moral perusahaan dijalankan oleh staf manajemen
Ø Tanggung jawab legal tidak dapat dipisahkan dari tanggung jawab moral
Sesungguhnya, pada tingkat operasional
bukan hanya staf manajemen yang memikul tanggung jawab sosial dan moral
perusahaan ini, melainkan seluruh karyawan….
3.
Lingkungan tanggung
jawab sosial
•
Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan
sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas
•
Keuntungan ekonomis
4. Argumen yang Menentang Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan
•
Tujuan utama Bisnis adalah Mengejar
Keuntungan Sebesar-besarnya
•
Tujuan yang terbagi-bagi dan Harapan yang
membingungkan
•
Biaya Keterlibatan Sosial
•
Kurangnya Tenaga Terampil di Bidang Kegiatan
Sosial
5. Argumen yang Mendukung Perlunya
Keterlibatan Sosial Perusahaan
•
Kebutuhan dan Harapan Masyarakat yang
Semakin Berubah
•
Terbatasnya Sumber Daya Alam
•
Lingkungan Sosial yang Lebih Baik
•
Perimbangan Tanggung Jawab dan Kekuasaan
•
Bisnis Mempunyai Sumber Daya yang Berguna
•
Keuntungan Jangka Panjang
6. Implementasi Tanggung Jawab
Sosial Perusahaan
•
Prinsip utama dalam suatu organisasi
profesional, termasuk perusahaan, adalah bahwa struktur mengikuti strategi
•
Artinya, struktur suatu organisasi
didasarkan ditentukan oleh strategi dari organisasi atau perusahaan itu
•
Strategi yang diwujudkan melalui struktur
organisasi demi mencapai tujuan dan misi perusahaan perlu dievaluasi secara
periodik, salah satu bentuk evaluasi yang mencakup nilai-nilai dan tanggung
jawab sosial perusahaan adalah Audit Sosial
www.google.com
www.google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar